Suara “Motor Rusak” di Tempat Tidur



Suara “Motor Rusak” di Tempat Tidur

Sewaktu saya dan teman berwisata ke Saigon, Vietnam, kami memesan kamar tipe asrama di sebuah hostel untuk menghemat biaya. Kamar itu terdiri atas tiga tempat tidur tingkat yang terbuat dari besi. Karena asyik menelusuri kota, kami kembali ke hostel pukul 23.00. Dan ternyata rekan sekamar kami, yang umumnya orang asing, sudah terlelap di atas kasur mereka. Lampu kamar juga sudah dimatikan.

Untuk menjaga etika dan nama baik bangsa, kami berusaha tidak membuat keributan dengan cara berjingkat-jingkat masuk ke kamar, memasukkan barang bawaan ke dalam loker besi, menyalakan lampu redup untuk berganti pakaian, mematikannya, dan naik ke atas ranjang dengan hati-hati, lalu merebahkan kepala. Pada akhirnya kami merasa lega karena tidak membuat kegaduhan berarti.

Tetapi, belum lama merebahkan kepala, saya mendengar bunyi berisik yang menggaung di ruangan, seperti mesin motor rusak. Lantaran mengira ponsel teman belum dimatikan, saya panik. Tapi kepanikan saya salah, karena ternyata bunyi berisik itu adalah suara dengkuran teman saya. Akibatnya saya dan para orang asing itu tak bisa tidur semalaman!

Utami Diah Kusumawati

Dimuat di Reader Digest Indonesia edisi Juli 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.